Beberapa Kesalahan Fatal yang Sering Ada pada Kemasan Produk Anda

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini kemasan memberikan peranan penting terhadap sebuah produk. Kemasan yang baik memerankan fungsi utama untuk menarik hati konsumen dan akhirnya konsumen menjatuhkan pilihannya kepada produk tersebut.

Tim Fisco Studio telah menghimpun beberapa kesalahan yang sering terjadi pada kemasan produk. Berikut ini adalah beberapa kesalahan tersebut:

Hanya sebagai alat pelindung produk

Anda boleh sependapat atau tidak bahwa saat ini kemasan melebihi fungsinya dari sekedar sebagai alat pelindung produk. Memang benar bahwa fungsi kemasan di masa dahulu hanya sebagai alat pelindung produk, tetapi tidak untuk saat ini. Anda mungkin berdalih dengan berpendapat bahwa Anda sedang menjual produk, bukan kemasannya. Tetapi itu hanyalah perspektif Anda. Saat ini konsumen tidak hanya menilai isi produk, tetapi juga kemasannya.

Terlebih bagi konsumen baru yang belum pernah membeli produk Anda, pasti penilaian pertamanya berdasar pada kemasan produk. Begitu juga konsumen yang hendak membeli produk Anda tetapi untuk diberikan kepada orang lain. Mereka akan mempertimbangkan baik-baik kualitas kemasan produk, apakah tampilan produk dengan kemasan seperti itu pantas untuk diberikan kepada orang lain.

Tidak memberikan informasi yang lengkap

Jangan sekali-kali kemasan produk Anda membingungkan konsumen karena tidak adanya informasi yang lengkap. Informasi dasar seperti jenis produk, berat, daya tahan, komposisi, adalah syarat minimal kemasan produk Anda disebut layak. Informasi tambahan yang memberikan nilai tambah produk Anda juga dapat ditambahkan sebagai diferensiasi dengan produk lain. Apabila kemasan Anda membungkus seluruh isi produk tanpa bisa dilihat dari luar, maka hendaknya Anda juga mencantumkan foto produk yang menarik, sehingga dapat menggugah konsumen untuk membelinya.

Kebanyakan yang terjadi adalah justru produsen mencantumkan informasi-informasi yang tidak perlu, seperti kata-kata yang kurang penting, bahkan tambahan gambar yang justru mengganggu fokus konsumen untuk menilai produk tersebut. Akhirnya produk tersebut tidak jadi dibeli karena malah membingungkan konsumen karena banyaknya informasi-informasi yang tidak diperlu dicantumkan.

Tidak mempunyai daya tarik

Produk Anda yang dipajang di sebuah toko atau ritel akan disandingkan dengan banyak produk sejenis. Ketika berada di toko atau ritel tersebut konsumen hanya akan melihatnya dengan sangat cepat. Jika produk Anda gagal menarik hati konsumen dalam sepersekian detik saja, maka dapat dipastikan produk Anda tidak jadi dibeli oleh konsumen. Pentingnya desain grafis yang menarik tentu dibutuhkan untuk menarik hati konsumen dalam rangka bersaing dengan produk-produk lain.

Demikianlah beberapa kesalahan yang seringkali terejadi pada kemasan produk. Membuat kemasan yang menarik dan mempunyai fungsi promosi memang tidak mudah. Diperlukan keahlian yang matang dalam membuatnya. Apabila Anda membutuhkan jasa desain grafis untuk keperluan desain kemasan produk, label, brosur, dan sebagainya, Anda dapat menghubungi Fisco Studio dan dapatkan penawaran menarik sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *